Sabtu, 30 Maret 2013

Topologi Wireless Dan Jenis-Jenis Jaringan Wireless

Pengenalan Jaringan Wireless

jaringan wireless
jaringan wireless
Jaringan wireless adalah salah satu cara untuk menghubungkan komputer-komputer dalam sebuah jaringan. la membangun sebuah jaringan dengan mengirim sinyal frekuensi radio di antara komputer-komputer untuk berbagi informasi.
Jaringan komputer yang menggunakan wireless sama dengan jaringan kabel tetapi satu perbedaan yang kongkret adalah jaringan wireless dapat dikoneksikan dalam ruang tertentu tanpa lokasi tetap. Oleh karena itu pengguna dapat bergerak bebas dan duduk dimana saja tanpa masalah (jika berada di dalam ruang akses frekuensinya).

Topologi Jaringan Wireless

Ada dua jenis topologi jaringan komputer yang menggunakan wireless yaitu peret-to-peer dan client-server. Pada toplogi jaringan wireless peer-to-peer jaringan akan terhubung dengan setiap komputer yang ada dalam jaringan dengan lebih mudah dan langsung. Sedangkan untuk topologi jaringan wireless client-server, harus ada titik akses (access point) untuk memungkinkan komputer menerima dan mengirim data melalui titik point kemudian mengirim ke semua komputer yang diakses oleh jaringan wireless. 
• Ad-Hoc mode: dalam Ad-Hoc mode data pada jaringan di transfer secara langsung dari dan ke adapter yang ada di komputer atau antar cellular phone dengan adapter Bluetooth nya. Jaringan topology Ad-Hoc biasa disebut dengan jaringan per-to-peer
• Infrastructure mode: Anda bisa mengembangkan jaringan anda dengan menambahkan suatu wireless access point. Jaringan wireless yang menggunakan wireless access point disebut beroperasi pada topology Infrastcruture mode dimana adapters jaringan wireless (misal WUSB600N Linksys) berkomunikasi melalui wireless access point, tidak secara langsung antar adapter wireless seperti pada jaringan Ad-Hoc.

Jenis-Jenis Jaringa Wireless

Beberapa jenis-jenis jaringan komputer berbasis wireless yang dibagi menurut kecepatan akses jaringan dan biaya untuk mengimplimentasinya.
  1. Bluetooth
  2. IrDA
  3. HomeRF (SWAP)
  4. Wi-Fi
Bluetooth
Teknologi ini tidak digunakan secara luas lagi dan idak mampu menggantikan jaringan kecepatan tinggi di antara komputer. Bluetooth  menggunakan radio dengan frekwesi rendah untuk menghubungkan telepon dan komputer dalam jarak yang pendek wireless. Topologi Bluetooth dikenal sebagai piconet atau PAN (personal area network). Piconet mengendungi setidaknya dua sampai maksimum delapan perangkat Bluetooth dalam jaringan. Bluetooth memiliki jarak maksimal 10 meter (30 kaki) dan kecepatan ia berkomunikasi tidak sampai 1 Mbps, menggunakan sinyal radio dalam jarak 2.4 Ghz atau yang sama dengan 802.11b.
IrDA
IrDA (inframerah) adalah sebuah standar untuk komunikasi perangkat dengan menggunakan sinarinframerah. Cara inilah remote control berfungsi. IrDA bergerak dengan kecepatan 4Mbps di dan bergerak dalam aliran yang lurus.
 SWAP
HomeRF (RF atau Radio Frequency) adalah sebuah standar yang disebut Shared Wireless Access Protocol atau SWAP. SWAP memiliki enam saluran suara berdasarkan kepada standar Digital Enhanced cordless Telecommunications (DECT) dan spesifikasi wireless Ethernet 802.11 untuk data. Perangkat SWAP melakukan 50 loncatan sesaat dan memancar pada 1 Mbps. Efektivitas tergantung pada produsen dan jumlah gangguan yang ada di daerah yang digunakan.
Kelebihan SWAP:
  • Murah
  • Mudah dipasang
  • Tidak ada kabel tambahan diperlukan
  • Tidak ada titik akses
  • Ada enam saluran dupleks penuh (full duplex) dan satu saluran data
  • Mendukung hingga 127 perangkat setiap jaringan
  • Mendukung lebih dari satu jaringan
  • Mendukung enkripsi untuk keamanan data
Kelemahan SWAP:
  • Kecepatan koneksi lambat (biasanya 1 Mbps)
  • Jarak terbatas (20 sampai 40 meter)
  • Bisa menganggu perangkat komunikasi lainnya
  • tidak kompatibel dengan jaringan kabel saat ini
Penerima wireless yang digunakan untuk jaringan SWAP adalah kartu ISA, PCI atau PCMCIA yang memiliki antena. Jaringan SWAP adalah jenis jaringan peer-to-peer di mana  memudahkan akses ke rangkajan tetapi memiliki jumlah gangguan yang signifikan.
Wi-Fi
Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA) meluncurkan Wi-Fi (wireless fidelity) sebagai alternatif bagi SWAP. Wifi kompatibel dengan variasi IEEE 802.11 yang juga dikenal sebagai IEEE 802.11b. Dengan kompatibilitas ke 802.11b, pirantinya mampu berkomunikasi pada kecepatan 11 Mbps. Meskipun akses maksimanya adalah 11 Mbps tetapi ia tidak tetap dan dapat menurun sehingga 1 Mbps. Namun ia tetap stabil dan mampu memberilkan dukungan yang baik kepada jaringan.
Kelebihan WI-FI:
  • Kecepatan (11 Mbps).
  • Jangkauan lebih jauh (75 sampai 125 meter)
  • Bisa dikombinasikan dengan jaringan kabel saat ini
  • Kompatibel dengan perangkat 802.11 DSSS
Kelemahan
  • Agak mahal
  • Kecepatan tidak konsisten
Padaa saat sekarang ini jaringan wireless banyak di manfaatkan di kantor-kantor, rumahan dan Cafe internet karena feksibilitas, sehingga banyak yang menyukai dibanding jaringan kabel yang harus di bentang dan sedikit merepotkan, selain itu banyak kelebihan yang di tawarkan dalam jaringan komputer wireless

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar